Home » » TABLET GABAPENTIN

TABLET GABAPENTIN

Written By Unknown on Rabu, 21 November 2012 | 00.56

URAIAN
Tablet gabapentin, USP disediakan sebagai film-dilapisi tablet yang mengandung 600 mg dan 800 mg gabapentin USP.

Bahan-bahan aktif untuk tablet copovidone, pati jagung, crospovidone, hidroksipropil selulosa, magnesium stearat, selulosa mikrokristalin, dan bedak.

Gabapentin digambarkan sebagai 1 - (aminomethyl) asam cyclohexaneacetic dengan rumus molekul C9H17NO2 dan berat molekul 171,24. Rumus struktural gabapentin adalah:

MM1
 Gabapentin USP adalah solid, putih untuk off-kristal putih dengan pKa1 dari 3,7 dan pKa2 dari 10,7. Hal ini mudah larut dalam air dan larutan air baik dasar dan asam. Log dari koefisien partisi (n-octanol/0.05M dapar fosfat) pada pH 7,4 is1.25.
KLINIS FARMAKOLOGIMekanisme Aksi
Mekanisme yang gabapentin diberikannya tindakan analgesik yang tidak diketahui, namun pada hewan model analgesia, gabapentin mencegah allodynia (nyeri yang berhubungan dengan perilaku sebagai respons terhadap stimulus yang biasanya tidak berbahaya) dan hiperalgesia (respon berlebihan terhadap rangsangan yang menyakitkan). Secara khusus, gabapentin mencegah nyeri yang berhubungan dengan respon dalam beberapa model dari nyeri neuropatik pada tikus atau tikus (misalnya, model saraf tulang belakang ligasi, streptozocin-induced diabetes model, kabel model cedera tulang belakang, akut herpes zoster model infeksi). Gabapentin juga mengurangi rasa sakit yang terkait dengan tanggapan setelah peradangan perifer (carrageenan perampok tes, tahap akhir dari uji formalin). Gabapentin tidak mengubah langsung nyeri yang berhubungan dengan perilaku (tikus ekor film pengujian, fase akut formalin perampok, uji asam asetat penyempitan perut, perampok panas uji iradiasi). Relevansi model ini untuk nyeri manusia tidak diketahui.
Mekanisme yang gabapentin diberikannya tindakan antikonvulsan tidak diketahui, tetapi dalam sistem hewan uji yang dirancang untuk mendeteksi aktivitas antikonvulsan, gabapentin mencegah kejang seperti halnya antikonvulsan dipasarkan lainnya. Gabapentin pameran anti kejang aktivitas pada tikus dan tikus di kedua kejut listrik yang maksimal dan model pentylenetetrazole kejang dan model praklinis lainnya (misalnya, strain dengan epilepsi genetik, dll). Relevansi model ini untuk epilepsi manusia tidak diketahui.
Gabapentin secara struktural terkait dengan neurotransmitter GABA (gamma-aminobutyric acid) tetapi tidak mengubah GABAA atau mengikat GABAB radioligand, tidak diubah menjadi GABA metabolik atau agonis GABA, dan bukan merupakan penghambat penyerapan GABA atau degradasi. Gabapentin diuji dalam tes mengikat radioligand pada konsentrasi hingga 100and tidak menunjukkan ketertarikan untuk beberapa situs lain reseptor umum, termasuk benzodiazepin, glutamat, N-methyl-D-aspartate (NMDA), quisqualate, kainate, strychnine-sensitif atau strychnine -sensitif glisin, alpha 1, alpha 2, atau adrenergik beta, adenosin A1 atau A2, kolinergik muskarinik atau nikotinat, D1 D2 dopamin atau, H1 histamin, serotonin S1 atau S2, mu opiat, delta atau kappa, cannabinoid 1, tegangan-sensitif kalsium channel situs berlabel nitrendipine atau diltiazem, atau pada tegangan-sensitif saluran natrium situs berlabel batrachotoxinin A 20-alpha-benzoat. Selanjutnya, gabapentin tidak mengubah serapan seluler dopamin, noradrenalin, atau serotonin.
Penelitian secara in vitro dengan radiolabeled gabapentin telah mengungkapkan situs gabapentin mengikat dalam area otak tikus termasuk neokorteks dan hippocampus. Sebuah protein tinggi afinitas mengikat dalam jaringan hewan otak telah diidentifikasi sebagai subunit tambahan tegangan-diaktifkan saluran kalsium. Namun, berkorelasi fungsional gabapentin mengikat, jika ada, tetap harus dijelaskan.

Farmakokinetik dan METABOLISME OBAT

Oral Bioavailabilitas

Distribusi
Kurang dari 3% dari gabapentin beredar terikat dengan protein plasma. Volume jelas distribusi gabapentin setelah pemberian 150 mg intravena 58L (meanin pasien dengan epilepsi, kondisi mapan predose (Cmin) konsentrasi gabapentin dalam cairan serebrospinal yang sekitar 20% dari konsentrasi plasma yang sesuai.
Penyisihan
Gabapentin dieliminasi dari sirkulasi sistemik melalui ekskresi ginjal sebagai obat tidak berubah. Gabapentin tidak dimetabolisme lumayan pada manusia.
Eliminasi gabapentin setengah-hidup adalah 5 sampai 7 jam dan berubah dengan dosis atau mengikuti dosis ganda. Gabapentin penghapusan laju konstan, clearance plasma, dan clearance ginjal secara langsung sebanding dengan bersihan kreatinin (seeSpecial Populasi: Pasien Insufisiensi Ginjal Dengan, di bawah). Pada pasien usia lanjut, dan pada pasien dengan gangguan fungsi ginjal, gabapentin plasma clearance berkurang. Gabapentin dapat dihapus dari plasma dengan hemodialisis.
Penyesuaian dosis pada pasien dengan fungsi ginjal terganggu atau menjalani hemodialisis dianjurkan (seeDOSAGE DAN ADMINISTRASI, Tabel 6).
Populasi Khusus
Pasien dewasa Dengan Insufisiensi Ginjal
Subjek (N = 60) dengan insufisiensi ginjal (rata-rata pengeluaran kreatinin berkisar 13-114 mL / menit) diberikan dosis tunggal 400 mg oral gabapentin. The gabapentin berarti paruh berkisar dari sekitar 6,5 jam (pasien dengan bersihan kreatinin> 60 mL / menit) sampai 52 jam (bersihan kreatinin <30 mL / menit) dan izin gabapentin ginjal dari sekitar 90 mL / menit (> 60 mL / menit kelompok) menjadi sekitar 10 mL / menit (<30 menit mL /). Berarti plasma clearance (CL / F) menurun dari sekitar 190 mL / menit untuk 20 mL / menit.
Penyesuaian dosis pada pasien dewasa dengan fungsi ginjal terganggu diperlukan (seeDOSAGE DAN ADMINISTRASI). Pasien anak dengan insufisiensi ginjal belum diteliti.
Hemodialisis

Dosis penyesuaian pada pasien yang menjalani hemodialisis diperlukan (seeDOSAGE DAN ADMINISTRASI).
Hati Penyakit
Karena gabapentin tidak dimetabolisme, ada studi yang dilakukan pada pasien dengan gangguan hati.
UsiaTINDAKAN, Gunakan Geriatric, andDOSAGE DAN ADMINISTRASI.)
Pediatric
Gabapentin farmakokinetik ditentukan dalam 48 mata pelajaran pediatrik antara usia 1 bulan dan 12 tahun setelah dosis sekitar 10 mg / kg. Puncak konsentrasi plasma adalah serupa di seluruh kelompok usia keseluruhan dan terjadi 2 sampai 3 jam postdose. Secara umum, subyek pediatrik antara 1 bulan dan <5 tahun mencapai eksposur sekitar 30% lebih rendah (AUC) daripada yang diamati pada mereka 5 tahun dan lebih tua. Dengan demikian, izin lisan dinormalisasi per berat badan lebih tinggi pada anak-anak muda. Klirens oral jelas gabapentin adalah berbanding lurus dengan pengeluaran kreatinin. Eliminasi gabapentin paruh rata-rata 4,7 jam dan sama di seluruh kelompok usia dipelajari.
Sebuah analisis populasi farmakokinetik dilakukan pada 253 subyek pediatrik antara 1 bulan dan 13 tahun. Pasien menerima 10 sampai 65 mg / kg / hari diberikan TID. Klirens oral nyata (CL / F) adalah berbanding lurus dengan bersihan kreatinin dan hubungan ini mirip setelah dosis tunggal dan pada steady state. Nilai jarak yang lebih tingggi lisan diamati pada anak-anak <5 tahun dibandingkan dengan yang diamati pada anak-anak 5 tahun dan lebih tua, ketika dinormalisasi per berat badan. Clearance ini sangat bervariasi pada bayi <1 tahun usia. CL / F normalisasi nilai diamati pada pasien anak-anak 5 tahun dan lebih tua yang konsisten dengan nilai-nilai yang diamati pada orang dewasa setelah dosis tunggal. Volume oral distribusi normal per berat badan adalah konstan di seluruh rentang usia.
Data ini farmakokinetik menunjukkan bahwa dosis harian yang efektif pada pasien anak dengan usia epilepsi 3 dan 4 tahun harus 40 mg / kg / hari untuk mencapai konsentrasi plasma rata-rata sama dengan yang dicapai pada pasien 5 tahun dan lebih tua yang menerima gabapentin pada 30 mg / kg / hari (seeDOSAGE DAN ADMINISTRASI).
Jenis kelamin
Meskipun tidak ada pendidikan formal telah dilakukan untuk membandingkan farmakokinetik gabapentin pada pria dan wanita, tampak bahwa parameter farmakokinetik untuk pria dan wanita adalah sama dan tidak ada perbedaan gender yang signifikan.
Ras
Perbedaan farmakokinetik karena ras belum diteliti. Karena gabapentin terutama renally dikeluarkan dan tidak ada perbedaan ras penting dalam bersihan kreatinin, perbedaan farmakokinetik karena ras tidak diharapkan.
KLINIS STUDIPostherpetic Neuralgia
TABEL 1. Controlled Perkesmas Studi: Durasi, Dosis, dan Jumlah PasienStudyStudy DurationGabapentin (mg / hari) DosePatients Target Penerimaan GabapentinPatients Menerima Placeboa Mengingat dalam 3 dosis terbagi (TID) 18 weeks360011311627 weeks1800, 2400223111Total336227Setiap penelitian termasuk awal 1-minggu di mana pasien disaring untuk kelayakan dan 7 - 8 minggu atau double-blind fase (3 atau 4 minggu titrasi dan 4 minggu dosis tetap). Pasien memulai pengobatan dengan titrasi sampai maksimal 900 mg / hari selama 3 gabapentin hari. Dosis yang kemudian akan dititrasi dalam 600-1200 mg / hari kenaikan pada 3 - untuk 7-hari interval untuk menargetkan dosis lebih dari 3 sampai 4 minggu. Dalam studi 1, pasien dilanjutkan pada dosis yang lebih rendah jika tidak mampu mencapai target dosis. Selama awal dan pengobatan, pasien mencatat penderitaan mereka di catatan harian menggunakan 11-point skala nyeri Peringkat numerik mulai dari 0 (tidak ada rasa sakit) sampai 10 (nyeri kemungkinan terburuk). Sebuah skor nyeri rata-rata selama awal minimal 4 yang diperlukan untuk pengacakan (baseline berarti skor nyeri Studi 1 dan 2 digabungkan adalah 6,4). Analisis dilakukan dengan menggunakan populasi ITT (semua pasien acak yang menerima setidaknya satu dosis obat studi).
Kedua studi menunjukkan perbedaan yang signifikan dari plasebo pada semua dosis yang diuji.
Sebuah penurunan yang signifikan dalam skor nyeri rata-rata mingguan terlihat oleh Minggu 1 di kedua studi, dan perbedaan yang signifikan tetap dipertahankan sampai akhir pengobatan. Efek pengobatan Sebanding diamati di semua kelompok pengobatan aktif. Farmakokinetik / farmakodinamik pemodelan memberikan bukti konfirmasi keberhasilan di semua dosis. Angka 1 dan 2 menunjukkan perubahan Studi 1 dan 2.

MM2

Gambar 1. Mingguan Nyeri Skor Rata-rata (Kasus diamati dalam Populasi ITT): Studi 1
MM3

Gambar 2. Mingguan Nyeri Skor Rata-rata (Kasus diamati dalam Populasi ITT): Studi 2

Proporsi responden (pasien melaporkan setidaknya 50% peningkatan dalam skor endpoint nyeri dibandingkan dengan baseline) dihitung untuk studi masing-masing (Gambar 3).
 
MM4

Gambar 3. Proporsi Responden (pasien withreduction dalam skor nyeri) pada Endpoint: Controlled Perkesmas Studi
Epilepsi
Efektivitas gabapentin sebagai terapi tambahan (ditambahkan ke obat antiepilepsi lainnya) didirikan pada multicenter plasebo-terkontrol, double-blind, paralel-kelompok uji klinis pada pasien dewasa dan anak-anak (3 tahun dan lebih tua) dengan kejang parsial refrakter.
Bukti efektivitas diperoleh dalam tiga uji coba dilakukan pada 705 pasien (usia 12 tahun ke atas) dan satu uji coba yang dilakukan pada 247 pasien anak-anak (3 sampai 12 tahun). Pasien yang terdaftar memiliki sejarah setidaknya 4 kejang parsial per bulan meskipun menerima satu atau lebih obat antiepilepsi pada tingkat terapi dan diamati pada rejimen obat antiepilepsi didirikan mereka selama periode awal 12-minggu (6 minggu dalam studi pediatrik pasien). Pada pasien terus memiliki minimal 2 (atau 4 dalam beberapa studi) kejang per bulan, gabapentin atau plasebo kemudian ditambahkan ke terapi yang ada selama masa pengobatan 12 minggu. Efektivitas dinilai terutama berdasarkan persentase pasien dengan 50% atau penurunan lebih besar pada frekuensi kejang dari awal sampai pengobatan (theresponder rate) dan ukuran yang diturunkan disebut rasio respon, ukuran perubahan didefinisikan sebagai (T - B) / (T + B), di mana B adalah dasar frekuensi kejang pasien dan T adalah pasien


Sebuah studi ketiga dibandingkan gabapentin 900 mg TID dibagi / hari (N = 111) dan plasebo (N = 109). Sebuah tambahan gabapentin 1200 mg / hari kelompok dosis (N = 52) diberikan dosis-respon data. Sebuah perbedaan yang signifikan dalam tingkat responden terlihat pada kelompok gabapentin 900 mg / hari (22%) dibandingkan pada kelompok plasebo (10%). Rasio Respon juga statistik signifikan lebih unggul dalam kelompok gabapentin 900 mg / hari (-0,119) dibandingkan pada kelompok plasebo (-0,027), seperti rasio respon tahun 1200 mg / hari gabapentin (-0,184) dibandingkan dengan plasebo.
Analisis juga dilakukan dalam penelitian masing-masing untuk menguji pengaruh gabapentin untuk mencegah sekunder umum tonik klonik-kejang. Pasien yang mengalami kejang tonik-klonik umum sekunder baik dalam baseline atau di masa pengobatan di ketiga plasebo-terkontrol studi dimasukkan dalam analisis ini. Ada perbandingan rasio beberapa respon yang menunjukkan keuntungan yang signifikan secara statistik untuk gabapentin dibandingkan dengan tren plasebo dan menguntungkan bagi hampir semua perbandingan.

Dalam dua dari tiga studi terkontrol, lebih dari satu dosis gabapentin digunakan. Dalam studi masing-masing hasil tidak menunjukkan respon secara konsisten meningkat menjadi dosis. Namun, melihat di studi, kecenderungan peningkatan keberhasilan dengan meningkatnya dosis jelas (lihat Gambar 4).

MM5
  
Gambar 4. Tingkat Responden pada Pasien Menerima Gabapentin Dinyatakan sebagai Selisih Placebo oleh Dosis dan Studi: Studi Terapi tambahan dalam PatientsYears Age dengan Kejang Parsial
Dalam gambar, efek pengobatan besarnya, diukur pada sumbu Y dalam hal perbedaan proporsi gabapentin dan pasien plasebo diberikan mencapai pengurangan 50% atau lebih pada frekuensi kejang dari baseline, diplot terhadap dosis harian gabapentin administered ( X axis).
Meskipun tidak ada analisis formal berdasarkan gender telah dilakukan, perkiraan respon (Response Ratio) yang berasal dari uji klinis (398 laki-laki, 307 perempuan) menunjukkan tidak ada perbedaan gender penting ada. Tidak ada pola yang konsisten menunjukkan bahwa usia memiliki efek pada respon terhadap gabapentin. Ada kurangnya jumlah pasien dari ras Kaukasia selain untuk memungkinkan perbandingan antara kelompok-kelompok ras keberhasilan.
Sebuah studi keempat di usia pasien anak-anak 3 sampai 12 tahun dibandingkan 25 sampai 35 mg / kg / hari gabapentin (N = 118) dengan plasebo (N = 127). Untuk semua kejang parsial pada populasi intent-to-treat, rasio respon secara statistik signifikan lebih baik untuk kelompok gabapentin (-0,146) dibandingkan dengan kelompok plasebo (-0,079). Untuk populasi yang sama, tingkat responden untuk gabapentin (21%) tidak berbeda dari plasebo (18%).
Sebuah studi di usia pasien anak-anak 1 bulan sampai 3 tahun dibandingkan 40 mg / kg / hari gabapentin (N = 38) dengan plasebo (N = 38) pada pasien yang menerima setidaknya satu obat antiepilepsi dipasarkan dan memiliki setidaknya satu kejang parsial selama periode skrining (dalam waktu 2 minggu sebelum awal). Pasien memiliki hingga 48 jam dari awal dan hingga 72 jam dari double-blind pemantauan video EEG untuk merekam dan menghitung terjadinya kejang. Tidak ada perbedaan yang signifikan secara statistik antara perawatan baik dalam rasio respon atau tingkat responden.
INDIKASI & PENGGUNAANPostherpetic Neuralgia
Tablet gabapentin, USP diindikasikan untuk pengelolaan neuralgia postherpetic pada orang dewasa.
Epilepsi
Tablet gabapentin, USP yang diindikasikan sebagai terapi tambahan dalam pengobatan kejang parsial dengan dan tanpa generalisasi sekunder pada pasien lebih dari 12 tahun dengan epilepsi. Tablet gabapentin juga diindikasikan sebagai terapi tambahan dalam pengobatan kejang parsial pada usia pasien anak-anak 3 sampai 12 tahun.
KONTRAINDIKASITablet gabapentin adalah kontraindikasi pada pasien yang telah menunjukkan hipersensitivitas terhadap obat atau bahan bakunya.
PERINGATANPerilaku bunuh diri dan Ideation
Obat antiepilepsi (AED), termasuk gabapentin, meningkatkan risiko pikiran untuk bunuh diri atau perilaku pada pasien yang memakai obat ini untuk setiap indikasi. Pasien yang diobati dengan AED untuk indikasi apapun harus dipantau untuk munculnya atau memburuknya depresi, pikiran bunuh diri atau perilaku, dan / atau perubahan yang tidak biasa dalam suasana hati atau perilaku.
Analisis dikumpulkan dari 199 placebo-controlled uji klinis (mono-dan terapi tambahan) dari 11 AED yang berbeda menunjukkan bahwa pasien secara acak salah satu AED memiliki sekitar dua kali risiko (Risk relatif disesuaikan 1,8, CI 95%: 1,2, 2,7) dari bunuh diri berpikir atau perilaku dibandingkan dengan pasien secara acak plasebo. Dalam ujicoba tersebut, yang memiliki durasi pengobatan rata-rata 12 minggu, tingkat kejadian diperkirakan perilaku bunuh diri atau ideation antara 27.863 AED-pasien yang diobati adalah 0,43%, dibandingkan dengan 0,24% di antara 16.029 pasien plasebo yang diobati, meningkat sekitar satu kasus pemikiran bunuh diri atau perilaku untuk setiap 530 pasien yang diobati. Ada empat kasus bunuh diri dalam obat-pasien yang diobati dalam uji coba dan tidak ada di plasebo-pasien yang dirawat, namun jumlahnya terlalu kecil untuk memungkinkan kesimpulan tentang efek obat pada bunuh diri.
Peningkatan risiko pikiran untuk bunuh diri atau perilaku dengan AED diamati sedini satu minggu setelah memulai pengobatan dengan AED dan bertahan selama pengobatan dinilai. Karena sebagian besar uji coba dimasukkan dalam analisis tidak melampaui 24 minggu, risiko pikiran untuk bunuh diri atau perilaku melampaui 24 minggu tidak dapat dinilai.
Risiko pikiran untuk bunuh diri atau perilaku itu umumnya konsisten antara obat dalam data dianalisis. Temuan peningkatan risiko dengan AEDs dari berbagai mekanisme aksi dan di berbagai indikasi menunjukkan bahwa risiko berlaku untuk semua AED digunakan untuk indikasi. Resiko tidak bervariasi secara substansial oleh usia (5 sampai 100 tahun) dalam uji klinis dianalisis.
Tabel 2 menunjukkan risiko absolut dan relatif dengan indikasi untuk semua AED dievaluasi.
TABEL 2. Risiko dengan Indikasi Obat antiepileptic dalam Analisis PemusatanIndicationPlacebo Pasien dengan Acara Per 1000 Pasien PatientsDrug dengan Acara Per 1000 Risiko PatientsRelative: Insiden Acara di Pasien Obat / Insiden Selisih Placebo PatientsRisk: Pasien Obat tambahan dengan Acara Per 1000 PatientsEpilepsy13.43.52.4Psychiatric5.78.51.52.9Other11.81.90.9Total2. 44.31.81.9The risiko relatif untuk pikiran untuk bunuh diri atau perilaku lebih tinggi dalam uji klinis untuk epilepsi dibandingkan dalam uji klinis untuk kondisi kejiwaan atau lainnya, tetapi perbedaan risiko absolut yang sama untuk epilepsi dan indikasi kejiwaan.
Siapa pun mempertimbangkan gabapentin resep atau AED lainnya harus menyeimbangkan risiko pikiran untuk bunuh diri atau perilaku dengan risiko penyakit yang tidak diobati. Epilepsi dan penyakit lain yang AED diresepkan itu sendiri terkait dengan morbiditas dan mortalitas dan peningkatan risiko pikiran untuk bunuh diri dan perilaku. Haruskah pikiran untuk bunuh diri dan perilaku muncul selama pengobatan, resep perlu mempertimbangkan apakah munculnya gejala-gejala dalam setiap pasien tertentu mungkin terkait dengan penyakit yang dirawat.
Pasien, pengasuh mereka, dan keluarga harus diberitahu bahwa AED meningkatkan risiko pikiran untuk bunuh diri dan perilaku dan harus diberitahukan mengenai kebutuhan untuk mewaspadai munculnya atau memburuknya tanda dan gejala depresi, perubahan yang tidak biasa dalam suasana hati atau perilaku , atau munculnya pikiran untuk bunuh diri, perilaku, atau pikiran tentang diri-bahaya. Perilaku perhatian harus segera dilaporkan ke penyedia layanan kesehatan.
Neuropsikiatri EventsPediatric Pasien Adverse 3 sampai 12 tahun
Gabapentin digunakan pada pasien anak dengan epilepsi 3 sampai 12 tahun dikaitkan dengan terjadinya sistem saraf pusat terkait efek samping. Yang paling signifikan ini dapat diklasifikasikan dalam kategori sebagai berikut: 1) lability emosional (terutama masalah perilaku), 2) permusuhan, termasuk perilaku agresif, 3) berpikir gangguan, termasuk gangguan konsentrasi dan perubahan dalam kinerja sekolah, dan 4) hyperkinesia ( terutama kegelisahan dan hiperaktivitas). Di antara gabapentin-pasien yang diobati, sebagian besar peristiwa adalah ringan sampai sedang.

Penarikan diendapkan kejang, Status epilepticus
Obat antiepilepsi tidak boleh tiba-tiba dihentikan karena kemungkinan frekuensi kejang meningkat.
Dalam studi plasebo-terkontrol pada pasien> 12 tahun, kejadian status epilepticus pada pasien yang menerima gabapentin adalah 0,6% (3 dari 543) dibandingkan 0,5% pada pasien yang menerima plasebo (2 dari 378). Di antara 2074 pasien> 12 tahun diobati dengan gabapentin di semua studi (terkontrol dan tidak terkendali) 31 (1,5%) memiliki status epilepticus. Dari jumlah tersebut, 14 pasien tidak memiliki riwayat status epilepticus baik sebelum pengobatan atau sementara pada obat lain. Karena data historis yang memadai tidak tersedia, tidak mungkin untuk mengatakan apakah atau tidak pengobatan dengan gabapentin dikaitkan dengan tingkat yang lebih tinggi atau lebih rendah dari status epilepticus dari yang diharapkan terjadi dalam populasi yang sama tidak diobati dengan gabapentin.
Tumorigenic Potensi
Dalam standar praklinis dalam studi carcinogenicity seumur hidup vivo, kejadian tak terduga tinggi adenocarcinoma asinar pankreas diidentifikasi pada pria, tapi tidak perempuan, tikus. (SeePRECAUTIONS:. Karsinogenesis, mutagenesis, Penurunan Kesuburan) Signifikansi klinis dari temuan ini tidak diketahui. Pengalaman klinis selama pengembangan pra-pemasaran gabapentin menyediakan tidak berarti langsung untuk menilai potensi untuk menginduksi tumor pada manusia.
Dalam studi klinis di terapi tambahan pada epilepsi yang terdiri dari 2.085 pasien-tahun paparan pada pasien> 12 tahun, tumor baru dilaporkan pada 10 pasien (2 payudara, 3 otak, 2 paru-paru, 1 adrenal, 1 limfoma non-Hodgkin, 1 karsinoma endometrium in situ), dan tumor yang sudah ada sebelumnya memburuk pada 11 pasien (9 otak, 1 payudara, prostat 1) selama atau sampai dengan 2 tahun setelah penghentian gabapentin. Tanpa pengetahuan tentang latar belakang dan kejadian kekambuhan pada populasi serupa tidak diobati dengan gabapentin, adalah mustahil untuk mengetahui apakah kejadian terlihat dalam kohort ini atau tidak terpengaruh oleh pengobatan.
Sudden Unexplained Death dan pada pasien dengan Epilepsy
Selama pengembangan pra-pemasaran dari gabapentin 8 kematian tiba-tiba dan tak dapat dijelaskan yang tercatat di antara kohort 2.203 pasien yang diobati (2103 pasien-tahun eksposur).
Beberapa bisa mewakili kejang-terkait kematian di mana kejang tidak diamati, misalnya, pada malam hari. Ini merupakan kejadian kematian 0,0038 per pasien-tahun. Meskipun tingkat ini melebihi yang diharapkan dalam populasi yang sehat cocok untuk usia dan jenis kelamin, itu adalah dalam kisaran perkiraan untuk kejadian kematian mendadak yang tak dapat dijelaskan pada pasien dengan epilepsi tidak menerima gabapentin (mulai dari 0,0005 untuk populasi umum epilepsi untuk 0,003 untuk populasi uji klinis mirip dengan yang di program gabapentin, sampai 0,005 untuk pasien dengan epilepsi refrakter). Akibatnya, apakah angka-angka ini meyakinkan atau meningkatkan kekhawatiran lebih lanjut tergantung pada perbandingan dari populasi melaporkan kepada kepada kelompok gabapentin dan akurasi dari estimasi yang dibuat.
Obat Reaksi dengan Eosinofilia dan Gejala sistemik (DRESS) / multiorgan Hipersensitivitas
Obat Reaksi dengan Eosinofilia dan Gejala sistemik (DRESS), juga dikenal sebagai multiorgan hipersensitivitas, telah dilaporkan pada pasien yang memakai obat antiepilepsi, termasuk gabapentin. Beberapa peristiwa ini berakibat fatal atau mengancam jiwa. DRESS biasanya, meskipun tidak secara eksklusif, menyajikan dengan demam, ruam, dan / atau limfadenopati, berkaitan dengan keterlibatan sistem organ lain, seperti hepatitis, nefritis, kelainan hematologi, miokarditis, atau myositis kadang menyerupai infeksi virus akut. Eosinofilia sering hadir. Karena gangguan ini adalah variabel dalam berekspresi, sistem organ lainnya tidak dicatat di sini mungkin terlibat.
Penting untuk dicatat bahwa manifestasi awal hipersensitivitas, seperti demam atau limfadenopati, mungkin hadir meskipun ruam tidak jelas. Jika tanda-tanda atau gejala yang hadir, pasien harus dievaluasi segera. Gabapentin harus dihentikan jika etiologi alternatif untuk tanda-tanda atau gejala tidak dapat dibangun.
TINDAKAN
Informasi untuk Pasien
Menginformasikan pasien ketersediaan Panduan Obat, dan memerintahkan mereka untuk membaca Panduan Obat sebelum mengambil gabapentin. Instruksikan pasien untuk mengambil gabapentin hanya seperti yang ditentukan.
Pasien, pengasuh mereka, dan keluarga harus diberitahu bahwa AED, termasuk gabapentin, dapat meningkatkan risiko pikiran untuk bunuh diri dan perilaku dan harus diberitahukan mengenai kebutuhan untuk mewaspadai munculnya atau memburuknya gejala depresi, perubahan yang tidak biasa dalam suasana hati atau perilaku, atau munculnya pikiran untuk bunuh diri, perilaku, atau pikiran tentang diri-bahaya. Perilaku perhatian harus segera dilaporkan ke penyedia layanan kesehatan.
Pasien harus disarankan bahwa gabapentin dapat menyebabkan gejala pusing, mengantuk dan lainnya dan tanda-tanda depresi SSP. Dengan demikian, mereka harus disarankan tidak untuk mengendarai mobil atau mengoperasikan mesin kompleks lainnya sampai mereka telah memperoleh pengalaman yang cukup pada gabapentin untuk mengukur apakah atau tidak itu mempengaruhi mental mereka dan / atau kinerja motor buruk.
Pasien yang memerlukan pengobatan bersamaan dengan morfin mungkin mengalami peningkatan konsentrasi gabapentin. Pasien harus hati-hati diamati untuk tanda-tanda depresi SSP, seperti mengantuk, dan dosis gabapentin atau morfin harus dikurangi tepat (seeDrug Interaksi).
Pasien harus didorong untuk mendaftar dalam Obat antiepileptic Amerika Utara (NAAED) Pregnancy Registry jika mereka menjadi hamil. Registri ini adalah mengumpulkan informasi tentang keamanan obat antiepilepsi selama kehamilan. Untuk mendaftar, pasien dapat menghubungi nomor bebas pulsa 1-888-233-2334 (seePRECAUTIONS, Pregnancysection).
Sebelum memulai pengobatan dengan gabapentin, pasien harus diinstruksikan bahwa ruam atau tanda-tanda lain atau gejala hipersensitivitas (seperti demam atau limfadenopati) mungkin pemberita peristiwa medis yang serius dan bahwa pasien harus melaporkan setiap kejadian tersebut ke dokter segera.
PEMERIKSAAN LABORATORIUM
Data uji klinis tidak menunjukkan bahwa rutinitas pemantauan parameter laboratorium klinis diperlukan untuk penggunaan yang aman dari gabapentin. Nilai konsentrasi darah pemantauan gabapentin belum ditetapkan. Gabapentin dapat digunakan dalam kombinasi dengan obat antiepilepsi lainnya tanpa memperhatikan perubahan konsentrasi darah gabapentin atau obat antiepilepsi lainnya.
INTERAKSI OBAT

Gabapentin tidak dimetabolisme lumayan juga tidak mengganggu metabolisme obat antiepilepsi umumnya dipakai bersamaan.
Data interaksi obat diuraikan dalam bagian ini diperoleh dari penelitian yang melibatkan orang dewasa yang sehat dan pasien dewasa dengan epilepsi.
Fenitoin
Dalam dosis tunggal (400 mg) dan beberapa (400 mg TID) studi gabapentin pada pasien epilepsi (N = 8) dipertahankan pada monoterapi fenitoin selama minimal 2 bulan, gabapentin tidak berpengaruh pada kondisi mapan konsentrasi melalui plasma fenitoin dan fenitoin tidak berpengaruh pada gabapentin farmakokinetik.
Carbamazepine

Asam valproik

Fenobarbital

Naproxen
Coadministration (N = 18) dari kapsul natrium naproxen (250 mg) dengan gabapentin (125 mg) tampaknya meningkatkan jumlah gabapentin diserap oleh 12% sampai 15%. Gabapentin tidak berpengaruh pada parameter farmakokinetik naproxen. Ini dosis yang lebih rendah dari dosis terapi untuk kedua obat. Besarnya interaksi dalam rentang dosis yang dianjurkan obat baik tidak diketahui.
Hydrocodone

Morfin
Sebuah artikel sastra melaporkan bahwa ketika 60 mg terkontrol-release kapsul morfin diberikan 2 jam sebelum ke gabapentin 600 mg kapsul (N = 12), berarti gabapentin AUC meningkat sebesar 44% dibandingkan dengan gabapentin diberikan tanpa morfin (seePRECAUTIONS). Morfin nilai parameter farmakokinetik tidak terpengaruh dengan pemberian gabapentin 2 jam setelah morfin. Besarnya interaksi pada dosis lainnya tidak diketahui.
Simetidin
Di hadapan simetidin pada 300 mg qid (N = 12) clearance lisan berarti jelas gabapentin turun sebesar 14% dan bersihan kreatinin turun sebesar 10%. Jadi simetidin tampaknya mengubah ekskresi ginjal dari kedua gabapentin dan kreatinin, sebuah penanda endogen fungsi ginjal. Penurunan kecil dalam ekskresi gabapentin dengan simetidin tidak diharapkan untuk menjadi penting secara klinis. Pengaruh gabapentin pada cimetidine tidak dievaluasi.
Oral Kontrasepsi

Antasid (Maalox
Maalox mengurangi bioavailabilitas gabapentin (N = 16) sekitar 20%. Penurunan bioavailabilitas adalah sekitar 5% saat gabapentin diberikan 2 jam setelah Maalox. Disarankan bahwa gabapentin diambil minimal 2 jam setelah pemberian Maalox.
Pengaruh Probenesid
Probenesid adalah pemblokir sekresi tubular ginjal. Parameter farmakokinetik gabapentin tanpa dan dengan probenesid adalah sebanding. Hal ini menunjukkan bahwa gabapentin tidak mengalami sekresi tubular ginjal dengan jalur yang diblokir oleh probenesid.
OBAT & ATAU LABORATORIUM UJI INTERAKSIKarena bacaan positif palsu dilaporkan dengan uji N-Multistix SGdipstick Ames untuk protein urin ketika gabapentin telah ditambahkan ke dalam obat antiepilepsi lainnya, prosedur asam curah hujan lebih spesifik sulfosalicylic dianjurkan untuk menentukan adanya protein urin.
Karsinogenesis & mutagenesis & PENURUNAN NILAI DARI KESUBURAN

Studi yang dirancang untuk menyelidiki mekanisme gabapentin-induced karsinogenesis pankreas pada tikus menunjukkan bahwa gabapentin merangsang sintesis DNA dalam sel asinar pankreas tikus in vitro dan, dengan demikian, dapat bertindak sebagai promotor tumor dengan meningkatkan aktivitas mitogenik. Hal ini tidak diketahui apakah gabapentin memiliki kemampuan untuk meningkatkan proliferasi sel pada jenis sel lain atau spesies lain, termasuk manusia.

Tidak ada efek yang merugikan pada kesuburan atau reproduksi yang diamati pada tikus pada dosis sampai 2000 mg / kg (kira-kira 5 kali maksimum yang disarankan dosis manusia secara mg/m2).
KEHAMILANEfek teratogenik
Kehamilan Kategori C.
Gabapentin telah terbukti fetotoxic pada hewan pengerat, menyebabkan pengerasan tertunda beberapa tulang di tengkorak, tulang belakang, lengan depan, dan hindlimbs. Efek ini terjadi ketika tikus hamil menerima dosis oral 1000 atau 3000 mg / kg / hari selama periode organogenesis, atau kira-kira 1 sampai 4 kali dosis maksimum mg 3600 / hari diberikan kepada pasien epilepsi secara mg/m2. Tingkat no-efek adalah 500 mg / kg / hari atau approximatelyof dosis manusia secara mg/m2.

Dalam sebuah studi teratologi pada kelinci, peningkatan insiden kehilangan pascaimplantasi janin terjadi pada bendungan terkena 60, 300, dan 1500 mg / kg / hari, atau kurang dari dosis approximatelyto 8 kali manusia maksimum secara mg/m2. Tidak ada studi yang memadai dan baik-terkontrol pada wanita hamil. Obat ini harus digunakan selama kehamilan hanya jika manfaat potensial membenarkan potensi risiko pada janin.
Untuk memberikan informasi mengenai efek dalam eksposur rahim untuk gabapentin, dokter disarankan untuk merekomendasikan bahwa pasien hamil yang mengambil gabapentin mendaftar di Obat antiepileptic Amerika Utara (NAAED) Pregnancy Registry. Hal ini dapat dilakukan dengan menghubungi nomor bebas pulsa 1-888-233-2334, dan harus dilakukan oleh pasien sendiri. Informasi tentang registry juga dapat ditemukan di situs web http://www.aedpregnancyregistry.org/.
KEPERAWATAN IBUGabapentin disekresi ke dalam susu manusia setelah pemberian oral. Seorang bayi menyusui dapat terkena dosis maksimum sekitar 1 mg / kg / hari gabapentin. Karena efek pada bayi menyusui tidak diketahui, gabapentin harus digunakan pada wanita yang sedang menyusui hanya jika manfaat jelas lebih besar daripada risiko.
Pediatric PENGGUNAANKeamanan dan efektivitas gabapentin dalam pengelolaan postherpetic neuralgia pada pasien anak belum ditetapkan.
Efektivitas sebagai terapi tambahan dalam pengobatan kejang parsial pada pasien anak di bawah usia 3 tahun belum ditetapkan (FARMAKOLOGI seeCLINICAL, Studi Klinis).
GERIATRIK PENGGUNAANJumlah total pasien yang diobati dengan gabapentin dalam uji klinis terkontrol pada pasien dengan postherpetic neuralgia adalah 336, yang 102 (30%) adalah 65 hingga 74 tahun, dan 168 (50%) adalah 75 tahun dan lebih tua. Ada efek pengobatan yang lebih besar pada pasien 75 tahun dan lebih tua dibandingkan dengan pasien yang lebih muda yang menerima dosis yang sama. Karena gabapentin hampir secara eksklusif dihilangkan dengan ekskresi ginjal, efek pengobatan yang lebih besar diamati pada patientsyears mungkin akibat paparan gabapentin peningkatan dosis mengingat bahwa hasil dari penurunan berhubungan dengan usia pada fungsi ginjal. Namun, faktor lain tidak dapat dikesampingkan. Jenis dan kejadian efek samping adalah serupa pada kelompok umur kecuali untuk edema perifer dan ataksia, yang cenderung meningkat dalam insiden dengan usia.
Studi klinis dari gabapentin pada epilepsi tidak termasuk jumlah yang cukup dari subyek yang berusia 65 dan lebih untuk menentukan apakah mereka merespon berbeda dari subyek yang lebih muda. Pengalaman klinis lain yang dilaporkan belum mengidentifikasi perbedaan respon antara orang tua dan pasien yang lebih muda. Secara umum, dosis seleksi untuk pasien lanjut usia harus berhati-hati, biasanya dimulai pada akhir rendah dari kisaran dosis, mencerminkan frekuensi yang lebih besar dari hati menurun, ginjal, atau fungsi jantung, dan penyakit penyerta atau terapi obat lain.
Obat ini diketahui secara substansial diekskresikan oleh ginjal, dan risiko reaksi toksik terhadap obat ini mungkin lebih besar pada pasien dengan gangguan fungsi ginjal. Karena pasien lanjut usia lebih mungkin untuk mengalami penurunan fungsi ginjal, harus diperhatikan dalam pemilihan dosis, dan dosis harus disesuaikan berdasarkan nilai bersihan kreatinin pada pasien ini (FARMAKOLOGI seeCLINICAL, Efek samping, andDOSAGE DAN ADMINISTRATIONsections).
EFEK SAMPING ReaksiPostherpetic Neuralgia
Efek samping yang paling sering diamati terkait dengan penggunaan gabapentin pada orang dewasa, tidak terlihat pada frekuensi setara antara pasien plasebo yang diobati, adalah pusing, mengantuk, dan edema perifer.
Dalam 2 studi terkontrol di postherpetic neuralgia, 16% dari 336 pasien yang menerima gabapentin dan 9% dari 227 pasien yang menerima pengobatan plasebo dihentikan karena suatu peristiwa yang merugikan. Efek samping yang paling sering menyebabkan penarikan di gabapentin-pasien yang diobati adalah pusing, mengantuk, dan mual.
Insiden di Clinical Trials Controlled
Tabel 3 daftar perawatan-muncul tanda dan gejala yang terjadi di sedikitnya 1% dari pasien yang diobati dengan gabapentin-postherpetic neuralgia berpartisipasi dalam uji coba terkontrol plasebo dan numerik yang lebih sering pada kelompok gabapentin dibandingkan pada kelompok plasebo. Efek samping biasanya ringan sampai sedang.TABEL 3. Pengobatan-Muncul Insiden Adverse Event di Terkendali Ujian di postherpetic neuralgia (Acara di Sedikitnya 1% dari gabapentin dengan Pewarnaan Pasien dan numerik Lebih Sering Dari dalam Kelompok Placebo)Tubuh Sistem / Preferred TermGabapentin N = 336 Placebo% N = 227% yang visionBody yang kabur Dilaporkan sebagai SystemDiarrhea5.73.1Dry WholeAsthenia5.74.8Infection5.13.5Headache3.33.1Accidental pain2.72.6Digestive injury3.31.3Abdominal mouth4.81.3Constipation3.91.8Nausea3 .93.1 Vomiting3.31.8Flatulence2.11.8Metabolic dan Gizi edema8.32.2Weight gain1.80Hyperglycemia1.20.4Nervous DisordersPeripheral SystemDizziness287.5Somnolence21.45.3Ataxia3.30Thinking abnormal2.70Abnormal gait1.50Incoordination1.50Amnesia1.20.9Hypesthesia1.20.9Respiratory SystemPharyngitis1.20.4Skin dan AppendagesRash1 .20.9 media1.20 khusus SensesAmblyopiaa2.70.9Conjunctivitis1.20Diplopia1.20OtitisPeristiwa lainnya di lebih dari 1% dari pasien tetapi sama atau lebih sering pada kelompok plasebo termasuk rasa sakit, tremor, neuralgia, nyeri punggung, dispepsia, dyspnea, dan sindrom flu.
Tidak ada perbedaan klinis yang penting antara pria dan wanita dalam jenis dan kejadian efek samping. Karena ada beberapa pasien yang dilaporkan sebagai ras selain putih, ada data yang cukup untuk mendukung pernyataan mengenai distribusi efek samping oleh ras.
Epilepsi
Efek samping yang paling sering diamati terkait dengan penggunaan gabapentin dalam kombinasi dengan obat antiepilepsi lainnya pada pasien> 12 tahun, tidak terlihat pada frekuensi setara antara pasien plasebo yang diobati, adalah mengantuk, pusing, ataksia, kelelahan, dan nystagmus. Efek samping yang paling sering dilaporkan diamati dengan penggunaan gabapentin dalam kombinasi dengan obat antiepilepsi lainnya pada pasien anak 3 sampai 12 tahun, tidak terlihat pada frekuensi yang sama antara pasien plasebo yang diobati, adalah infeksi virus, demam, mual dan / atau muntah, mengantuk, dan permusuhan (seeWARNINGS, Adverse Peristiwa Neuropsikiatrik).
Sekitar 7% dari 2074 pasien> 12 tahun dan sekitar 7% dari 449 pasien anak-anak 3 sampai 12 tahun yang menerima gabapentin dalam uji klinis pra-pemasaran menghentikan pengobatan karena suatu peristiwa yang merugikan. Efek samping yang paling sering dikaitkan dengan penarikan pada pasien> 12 tahun adalah mengantuk (1,2%), ataksia (0,8%), kelelahan (0,6%), mual dan / atau muntah (0.6%), dan pusing (0,6%) . Efek samping yang paling sering dikaitkan dengan penarikan pada pasien anak adalah lability emosional (1,6%), permusuhan (1,3%), dan hyperkinesia (1,1%).
Insiden di Clinical Trials Controlled
Tabel 4 daftar perawatan-muncul tanda dan gejala yang terjadi di sedikitnya 1% dari gabapentin-pasien> 12 tahun dengan epilepsi yang berpartisipasi dalam uji coba terkontrol plasebo dan numerik lebih umum pada kelompok gabapentin. Dalam studi ini, baik gabapentin atau plasebo ditambahkan ke terapi obat saat pasien antiepilepsi. Efek samping biasanya ringan sampai sedang.
Resep harus menyadari bahwa angka-angka, yang diperoleh saat gabapentin telah ditambahkan ke dalam terapi obat antiepilepsi bersamaan, tidak dapat digunakan untuk memprediksi frekuensi kejadian buruk dalam perjalanan praktek medis yang biasa di mana karakteristik pasien dan faktor-faktor lain yang mungkin berbeda dari yang berlaku selama klinis penelitian. Demikian pula, frekuensi dikutip tidak bisa langsung dibandingkan dengan angka yang diperoleh dari penyelidikan klinis lain yang melibatkan perlakuan yang berbeda, menggunakan, atau peneliti. Inspeksi frekuensi ini, bagaimanapun, tidak memberikan resep dokter dengan satu dasar untuk memperkirakan kontribusi relatif obat dan faktor nondrug dengan kejadian efek samping dalam populasi yang diteliti.TABEL 4. Pengobatan-Muncul Insiden Adverse Event di Controlled Add-On Ujian pada pasien> 12 Tahun (Acara di Sedikitnya 1% dari Pasien Gabapentin dan numerik Lebih Sering Dari dalam Kelompok Placebo)Tubuh Sistem / Adverse EventGabapentina N = 543% Placeboa N = 378% dengan latar belakang antiepilepsi obat Ditambah terapi b Amblyopia sering digambarkan sebagai vision.Body kabur Sebagai Increase2.91.6Back WholeFatigue115Weight Pain1.80.5Peripheral Edema1.70.5CardiovascularVasodilatation1.10.3Digestive SystemDyspepsia2. 20.5Mouth atau Tenggorokan Dry1.70.5Constipation1.50.8Dental Abnormalities1.50.3Increased SystemsLeukopenia1.10.5Musculoskeletal SystemMyalgia21.9Fracture1.10.8Nervous Appetite1.10.8Hematologic dan limfatik Abnormal1.71.3Twitching1.30.5Coordination Abnormal1.10.3Respiratory SystemRhinitis4.13.7Pharyngitis2.81.6Coughing1.81.3Skin dan AppendagesAbrasion1.30Pruritus1.30.5Urogenital SystemImpotence1.51.1Special SensesDiplopia5.91.9Amblyopiab4.21.1Laboratory DeviationsWBC Decreased1.10.5Peristiwa lainnya di lebih dari 1% dari pasien> 12 tahun tapi sama atau lebih sering pada kelompok plasebo termasuk: sakit kepala, infeksi virus, demam, mual dan / atau muntah, sakit perut, diare, kejang, kebingungan, insomnia, emosional lability, ruam, jerawat.
Di antara peristiwa perawatan-muncul yang merugikan terjadi pada kejadian setidaknya 10% dari pasien yang diobati gabapentin, mengantuk dan ataksia muncul untuk menunjukkan hubungan dosis-respon positif.
Insiden keseluruhan efek samping dan jenis efek samping terlihat yang serupa di antara pria dan wanita yang diobati dengan gabapentin. Insiden efek samping sedikit meningkat dengan bertambahnya usia pada pasien yang diobati dengan baik gabapentin atau plasebo. Karena hanya 3% dari pasien (28/921) di studi plasebo-terkontrol yang diidentifikasi sebagai non-kulit putih (hitam atau lainnya), ada data yang cukup untuk mendukung pernyataan mengenai distribusi efek samping oleh ras.
Tabel 5 daftar perawatan-muncul tanda dan gejala yang terjadi di sedikitnya 2% dari gabapentin-pasien usia 3 sampai 12 tahun dengan epilepsi yang berpartisipasi dalam uji coba terkontrol plasebo dan numerik lebih umum pada kelompok gabapentin. Efek samping biasanya ringan sampai sedang.TABEL 5. Pengobatan-Muncul Insiden Adverse Event di Usia Pasien Pediatric 3 sampai 12 tahun dalam Controlled Add-On Trial (Acara di Sedikitnya 2% dari Pasien Gabapentin dan numerik Lebih Sering Dari dalam Kelompok Placebo)Tubuh Sistem / Adverse EventGabapentina N = 119% Placeboa N = 128% yang antiepilepsi Ditambah latar belakang obat therapyBody Sebagai Infection10.93.1Fever10.13.1Weight WholeViral Increase3.40.8Fatigue3.41.6Digestive dan SystemNausea / atau Vomiting8.47Nervous SystemSomnolence8.44.7Hostility7.62.3 Emosional Lability4.21.6Dizziness2.51.6Hyperkinesia2.50.8Respiratory SystemBronchitis3.40.8Respiratory Infection2.50.8Peristiwa lainnya di lebih dari 2% dari pasien anak 3 sampai 12 tahun, tetapi sama atau lebih sering pada kelompok plasebo termasuk: faringitis, infeksi saluran pernapasan atas, sakit kepala, rinitis, kejang-kejang, diare, anoreksia, batuk, dan otitis media.
Lainnya Adverse Peristiwa Diamati Selama Semua Clinical Trials
Clinical Trials di Dewasa dan Remaja (Kecuali Clinical Trials di Nyeri neuropatik)
Gabapentin telah diberikan kepada 4717 pasien> 12 tahun selama semua uji klinis terapi tambahan (kecuali uji klinis pada pasien dengan nyeri neuropatik), hanya beberapa yang plasebo-terkontrol. Selama uji coba ini, semua kejadian buruk yang dicatat oleh peneliti klinis menggunakan terminologi yang mereka pilih sendiri. Untuk memberikan perkiraan bermakna proporsi individu yang memiliki efek samping, sejenis peristiwa yang dikelompokkan ke dalam sejumlah kecil kategori standar menggunakan dimodifikasi COSTART kamus istilah. Kategori ini digunakan dalam daftar di bawah ini. Frekuensi yang disajikan merupakan proporsi dari 4717 pasien> 12 tahun terkena gabapentin yang mengalami suatu peristiwa dari jenis dikutip pada setidaknya satu kesempatan saat menerima gabapentin. Semua peristiwa yang dilaporkan termasuk kecuali yang sudah tercantum dalam Tabel 4, yang terlalu umum untuk menjadi informatif, dan mereka yang tidak cukup terkait dengan penggunaan obat.

Tubuh Sebagai Whole:
Kardiovaskular Sistem:
Sistem pencernaan: kelenjar ludah membesar, kejang esofagus perdarahan bibir, esofagitis, hernia hiatus, hematemesis, proktitis, sindrom iritasi usus, perdarahan dubur,.
Endokrin Sistem: Langka: hipertiroid, hipotiroid, gondok, hypoestrogen, kegagalan ovarium, epididimitis, testis bengkak, penampilan cushingoid.
Sistem hematologi dan limfatik: limfoma 's, waktu perdarahan meningkat.
Musculoskeletal Sistem:
Nervous Sistem:
Pernafasan Sistem:
Dermatologis:
Sistem urogenital:
Khusus Senses:
Clinical Trials di Pasien Pediatric Dengan Epilepsi
Efek samping yang terjadi selama uji klinis pada epilepsi 449 pasien anak-anak 3 sampai 12 tahun diobati dengan gabapentin yang tidak dilaporkan dalam uji adjunctive pada orang dewasa adalah:
Tubuh sebagai Whole: dehidrasi, infeksi mononucleosis
Sistem pencernaan: hepatitis
Hemic dan limfatik Sistem: cacat koagulasi
Nervous Sistem: aura menghilang, neuralgia oksipital
Psychobiologic Fungsi: sleepwalking
Pernapasan Sistem: pseudocroup, suara serak
Clinical Trials di Dewasa Dengan Nyeri neuropatik dari etiologi Berbagai
Informasi Keselamatan diperoleh pada 1173 pasien selama uji klinis double-blind dan open-label termasuk kondisi nyeri neuropatik yang khasiat belum terbukti. Efek samping yang dilaporkan oleh peneliti yang dikelompokkan ke dalam kategori standar menggunakan dimodifikasi COSTART IV terminologi. Tercantum di bawah ini semua melaporkan kejadian kecuali yang sudah tercantum dalam Tabel 3 dan mereka yang tidak cukup terkait dengan penggunaan obat.
Body as a Whole:

Cardiovascular System:

Digestive System:

Endocrine System:Infrequent: diabetes mellitus.

Hemic and Lymphatic System:

Metabolic and Nutritional:

Musculoskeletal:

Nervous System:

Respiratory System:

Skin and Appendages:

Special Senses:

Urogenital System:

Postmarketing and Other Experience

In addition to the adverse experiences reported during clinical testing of gabapentin, the following adverse experiences have been reported in patients receiving marketed gabapentin. These adverse experiences have not been listed above and data are insufficient to support an estimate of their incidence or to establish causation. The listing is alphabetized: angioedema, blood glucose fluctuation, breast enlargement, erythema multiforme, elevated liver function tests, fever, hyponatremia, jaundice, movement disorder, Stevens-Johnson syndrome.

Adverse events following the abrupt discontinuation of gabapentin have also been reported. The most frequently reported events were anxiety, insomnia, nausea, pain and sweating.


DRUG ABUSE AND DEPENDENCE

The abuse and dependence potential of gabapentin has not been evaluated in human studies.

OVERDOSAGE

A lethal dose of gabapentin was not identified in mice and rats receiving single oral doses as high as 8000 mg/kg. Signs of acute toxicity in animals included ataxia, labored breathing, ptosis, sedation, hypoactivity, or excitation.

Acute oral overdoses of gabapentin up to 49 grams have been reported. In these cases, double vision, slurred speech, drowsiness, lethargy and diarrhea were observed. All patients recovered with supportive care.

Gabapentin can be removed by hemodialysis. Although hemodialysis has not been performed in the few overdose cases reported, it may be indicated by the patient's clinical state or in patients with significant renal impairment.

DOSAGE & ADMINISTRATION

Gabapentin tablets are given orally with or without food. Patients should be informed that, should they break the scored 600 or 800 mg tablet in order to administer a half-tablet, they should take the unused half-tablet as the next dose. Half-tablets not used within several days of breaking the scored tablet should be discarded.

If gabapentin dose is reduced, discontinued or substituted with an alternative medication, this should be done gradually over a minimum of 1 week (a longer period may be needed at the discretion of the prescriber).

Postherpetic Neuralgia

In adults with postherpetic neuralgia, gabapentin therapy may be initiated as a single 300 mg dose on Day 1, 600 mg/day on Day 2 (divided BID), and 900 mg/day on Day 3 (divided TID). The dose can subsequently be titrated up as needed for pain relief to a daily dose of 1800 mg (divided TID). In clinical studies, efficacy was demonstrated over a range of doses from 1800 mg/day to 3600 mg/day with comparable effects across the dose range. Additional benefit of using doses greater than 1800 mg/day was not demonstrated.

Epilepsy


Gabapentin tablets are recommended for add-on therapy in patients 3 years of age and older. Effectiveness in pediatric patients below the age of 3 years has not been established.

Patients >12 years of age

The effective dose of gabapentin tablets is 900 to 1800 mg/day and given in divided doses (three times a day) using 600 or 800 mg tablets. The starting dose is 300 mg three times a day. If necessary, the dose may be increased using 600 or 800 mg tablets three times a day up to 1800 mg/day. Dosages up to 2400 mg/day have been well tolerated in long-term clinical studies. Doses of 3600 mg/day have also been administered to a small number of patients for a relatively short duration, and have been well tolerated. The maximum time between doses in the TID schedule should not exceed 12 hours.

Pediatric Patients Age 3 to 12 years

The starting dose should range from 10 to 15 mg/kg/day in 3 divided doses, and the effective dose reached by upward titration over a period of approximately 3 days. The effective dose of gabapentin tablets in patients 5 years of age and older is 25 to 35 mg/kg/day and given in divided doses (three times a day). The effective dose in pediatric patients ages 3 and 4 years is 40 mg/kg/day and given in divided doses (three times a day) (seeCLINICAL PHARMACOLOGY, Pediatrics). Dosages up to 50 mg/kg/day have been well-tolerated in a long-term clinical study. The maximum time interval between doses should not exceed 12 hours.

It is not necessary to monitor gabapentin plasma concentrations to optimize gabapentin therapy. Further, because there are no significant pharmacokinetic interactions among gabapentin tablets and other commonly used antiepileptic drugs, the addition of gabapentin tablets does not alter the plasma levels of these drugs appreciably.

If gabapentin tablets are discontinued and/or an alternate anticonvulsant medication is added to the therapy, this should be done gradually over a minimum of 1 week.

Dosage in Renal Impairment

Creatinine clearance is difficult to measure in outpatients. In patients with stable renal function, creatinine clearance (CCr) can be reasonably well estimated using the equation of Cockcroft and Gault:

for females CCr=(0.85)[(140-age)(weight)/(72)(SCr)]
for males CCr=(140-age)(weight)/(72)(SCr)

where age is in years, weight is in kilograms and SCr is serum creatinine in mg/dL.

Dosage adjustment in patientsyears of age with compromised renal function or undergoing hemodialysis is recommended as follows (see dosing recommendations above for effective doses in each indication).
TABLE 6. Gabapentin Dosage Based on Renal Function
Renal Function Creatinine Clearance (mL/min)Total Daily Dose Range (mg/day)Dose Regimen (mg)a For patients with creatinine clearance <15 mL/min, reduce daily dose in proportion to creatinine clearance (e.g., patients with a creatinine clearance of 7.5 mL/min should receive one-half the daily dose that patients with a creatinine clearance of 15 mL/min receive). b Patients on hemodialysis should receive maintenance doses based on estimates of creatinine clearance as indicated in the upper portion of the table and a supplemental post-hemodialysis dose administered after each 4 hours of hemodialysis as indicated in the lower portion of the table.900-3600300 TID400 TID600 TID800 TID1200 TID>30-59400-1400200 BID300 BID400 BID500 BID700 BID>15-29200-700200 QD300 QD400 QD500 QD700 QD15a100-300100 QD125 QD150 QD200 QD300 QDPost-Hemodialysis Supplemental Dose (mg)bHemodialysis125b150b200b250b350bThe use of gabapentin tablets in patients <12 years of age with compromised renal function has not been studied.

Dosage in Elderly

Because elderly patients are more likely to have decreased renal function, care should be taken in dose selection, and dose should be adjusted based on creatinine clearance values in these patients.

HOW SUPPLIED

Gabapentin Tablets USP, 600 mg are white, biconvex, elliptical, film-coated tablets, with deep break line on both sides and debossed withD'and24'on either side of the break line on one side and plain on other side.

Bottles of 100 NDC 65862-523-01
Bottles of 500 NDC 65862-523-05
Bottles of 2500 NDC 65862-523-26

Gabapentin Tablets USP, 800 mg are white, biconvex, elliptical, film-coated tablets, with deep break line on both sides and debossed withD'and25'on either side of the break line on one side and plain on other side.

Bottles of 100 NDC 65862-524-01
Bottles of 500 NDC 65862-524-05
Bottles of 1700 NDC 65862-524-31


STORAGE AND HANDLING

Store at 20to 25(68to 77[See USP Controlled Room Temperature.]


SPL MEDGUIDE

Gabapentin Tablets, USP
Rx only


Read the Medication Guide before you start taking gabapentin tablets and each time you get a refill. There may be new information. This information does not take the place of talking to your healthcare provider about your medical condition or treatment.

What is the most important information I should know about gabapentin tablets?

Do not stop taking gabapentin tablets without first talking to your healthcare provider.
Stopping gabapentin tablets suddenly can cause serious problems.

Gabapentin tablets can cause serious side effects including:

1. Like other antiepileptic drugs, gabapentin tablets may cause suicidal thoughts or actions in a very small number of people, about 1 in 500.

Call a healthcare provider right away if you have any of these symptoms, especially if they are new, worse, or worry you:


     thoughts about suicide or dying
     attempts to commit suicide
     new or worse depression
     new or worse anxiety
     feeling agitated or restless
     panic attacks
     trouble sleeping (insomnia)
     new or worse irritability
     acting aggressive, being angry, or violent
     acting on dangerous impulses
     an extreme increase in activity and talking (mania)
     other unusual changes in behavior or mood

How can I watch for early symptoms of suicidal thoughts and actions?
     Pay attention to any changes, especially sudden changes, in mood, behaviors, thoughts, or feelings.
     Keep all follow-up visits with your healthcare provider as scheduled.

Call your healthcare provider between visits as needed, especially if you are worried about symptoms.

Do not stop taking gabapentin tablets without first talking to a healthcare provider.
     Stopping gabapentin tablets suddenly can cause serious problems. Stopping a seizure medicine suddenly in a patient who has epilepsy can cause seizures that will not stop (status epilepticus).

Suicidal thoughts or actions can be caused by things other than medicines. If you have suicidal thoughts or actions, your healthcare provider may check for other causes.

2. Changes in behavior and thinking- Using gabapentin tablets in children 3 to 12 years of age can cause emotional changes, aggressive behavior, problems with concentration, restlessness, changes in school performance, and hyperactivity.

3. Gabapentin tablets may cause a serious or life-threatening allergic reactionthat may affect your skin or other parts of your body such as your liver or blood cells. You may or may not have rash when you get this type of reaction. It may cause you to be hospitalized or to stop gabapentin tablets. Call a healthcare provider right away if you have any of the following symptoms:
     skin rash
     hives
     fever
     swollen glands that do not go away
     swelling of your lip and tongue
     yellowing of your skin or of the whites of the eyes
     unusual bruising or bleeding
     severe fatigue or weakness
     unexpected muscle pain
     frequent infections

These symptoms may be the first signs of a serious reaction. A healthcare provider should examine you to decide if you should continue taking gabapentin tablets.

What are gabapentin tablets?

Gabapentin tablets are a prescription medicine used to treat:
     Pain from damaged nerves (postherpetic pain) that follows healing of shingles (a painful rash that comes after a herpes zoster infection) in adults.
     Partial seizures when taken together with other medicines in adults and children 3 years of age and older.

Who should not take gabapentin tablets?

Do not take gabapentin tablets if you are allergic to gabapentin or any of the other ingredients in gabapentin tablets. See the end of this Medication Guide for a complete list of ingredients in gabapentin tablets.

What should I tell my healthcare provider before taking gabapentin tablets?

Before taking gabapentin tablets, tell your healthcare provider if you:

     have or have had kidney problems or are on hemodialysis
     have or have had depression, mood problems, or suicidal thoughts or behavior
     are pregnant or plan to become pregnant. It is not known if gabapentin tablets can harm your unborn baby. Tell your healthcare provider right away if you become pregnant while taking gabapentin tablets. You and your healthcare provider will decide if you should take gabapentin tablets while you are pregnant.
               If you become pregnant while taking gabapentin tablets, talk to your healthcare provider about registering with the North American Antiepileptic Drug (NAAED) Pregnancy Registry. The purpose of this registry is to collect information about the safety of antiepileptic drugs during pregnancy. You can enroll in this registry by calling 1-888-233-2334.
     are breastfeeding or plan to breastfeed. Gabapentin can pass into breast milk. You and your healthcare provider should decide how you will feed your baby while you take gabapentin tablets.

Tell your healthcare provider about all the medicines you take, including prescription and non-prescription medicines, vitamins, and herbal supplements.

Taking gabapentin tablets with certain other medicines can cause side effects or affect how well they work. Do not start or stop other medicines without talking to your healthcare provider.

Know the medicines you take. Keep a list of them and show it to your healthcare provider and pharmacist when you get a new medicine.

How should I take gabapentin tablets?

     Take gabapentin tablets exactly as prescribed. Your healthcare provider will tell you how much gabapentin tablets to take.
               Do not change your dose of gabapentin tablets without talking to your healthcare provider. If you break a tablet in half the unused half of the tablet should be taken at your next scheduled dose. Half tablets not used within several days of breaking should be thrown away.
     Gabapentin tablets can be taken with or without food. If you take an antacid containing aluminum and magnesium, such as MaaloxMylantaGelusilGavisconor Di-Gelyou should wait at least 2 hours before taking your next dose of gabapentin tablets.
     If you take too much gabapentin tablets, call your healthcare provider or your local Poison Control Center right away.

What should I avoid while taking gabapentin tablets?
     Do not drink alcohol or take other medicines that make you sleepy or dizzy while taking gabapentin tablets without first talking with your healthcare provider. Taking gabapentin tablets with alcohol or drugs that cause sleepiness or dizziness may make your sleepiness or dizziness worse.
     Do not drive, operate heavy machinery, or do other dangerous activities until you know how gabapentin tablets affect you. Gabapentin tablets can slow your thinking and motor skills.

What are the possible side effects of gabapentin tablets?
     SeeWhat is the most important information I should know about gabapentin tablets?
     The most common side effects of gabapentin tablets include:
               dizziness
               difficulty with speaking
               lack of coordination
               temporary loss of memory (amnesia)
               viral infection
               tremor
               feeling drowsy
               difficulty with coordination
               feeling tired
               double vision
               fever
               unusual eye movement
               jerky movements

Tell your healthcare provider if you have any side effect that bothers you or that does not go away.

These are not all the possible side effects of gabapentin tablets. For more information, ask your healthcare provider or pharmacist.

Call your doctor for medical advice about side effects. You may report side effects to FDA at 1-800-FDA-1088.


How should I store gabapentin tablets?
     Store gabapentin tablets between 20to 25(68to 77

Keep gabapentin tablets and all medicines out of the reach of children.

General information about the safe and effective use of gabapentin tablets


Medicines are sometimes prescribed for purposes other than those listed in a Medication Guide. Do not use gabapentin tablets for a condition for which it was not prescribed. Do not give gabapentin tablets to other people, even if they have the same symptoms that you have. They may harm them.

This Medication Guide summarizes the most important information about gabapentin tablets. If you would like more information, talk with your healthcare provider. You can ask your healthcare provider or pharmacist for information about gabapentin tablets that was written for healthcare professionals.

For more information about gabapentin tablets and for medical inquiries or to report side effects regarding gabapentin tablets, please call 1-866-850-2876.

What are the ingredients in gabapentin tablets?

Active ingredient:gabapentin

Inactive ingredients:copovidone, corn starch, crospovidone, hydroxypropyl cellulose, magnesium stearate, microcrystalline cellulose, and talc.

This Medication Guide has been approved by the U.S. Food and Drug Administration.


PACKAGE LABEL.PRINCIPAL DISPLAY PANEL SECTION

DRUG: Gabapentin
GENERIC: Gabapentin
DOSAGE: TABLET
ADMINSTRATION: ORAL
NDC: 49349-848-02
STRENGTH:800 mg
COLOR: white
SHAPE: OVAL
SCORE: Two even pieces
SIZE: 19 mm
IMPRINT: 30
QTY: 30


MM6


MM7

Share this article :

6 komentar:

  1. Our Baltimore Ravens Pennant is perfect for wholesale Minnesota Vikings banners showing your Baltimore Raven team allegiance in any room of the house.Miami Dolphins banners The Baltimore Ravens Pennant is full size (12x30 inches)Los Angeles Dodgers banners usa and is single-sided screen printed with the Baltimore Ravens officially licensed NFL logos as shown.Kansas City Chiefs banners Our pennants are made of felt and provide a pennant sleeve for insertion of a pennant stick,buy Jacksonville Jaguars flags if desired.

    Accessorize your pennant with our Pennant Sticks,nfl sports flags Pennant Frames,cheap nfl flags or buy one of your favorite NFL Pennant Sets.

    BalasHapus
  2. informasinya sangat bagus silahkan kunjungi informasi lainnya
    Kampusnya Atlet

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Dhimaz setiawan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger