Home » » Apa sich Transdermal itu

Apa sich Transdermal itu

Written By Unknown on Kamis, 14 Juni 2012 | 08.21


Transdermal

Bagi kebanyakan orang mungkin belum mengerti apa itu transdermal. Transdermal adalah salah satu cara administrasi obat dengan bentuk sediaan farmasi/obat berupa krim, gel atau patch (koyo) yang digunakan pada permukaan kulit, namun mampu menghantarkan obat masuk ke dalam tubuh melalui kulit (trans = lewat; dermal = kulit). Umumnya penggunaan transdermal adalah pada obat-obatan hormon, misalnya estrogen. Yang paling umum ditemui mungkin koyo untuk menghilangkan kecanduan rokok, atau menghilangkan nafsu makan (berfungsi sebagai pelangsing). Bentuk transdermal menjadi pilihan terutama untuk obat-obat yang apabila diberikan secara oral bisa memberi efek samping yang tidak diinginkan. Misalnya efek penggumpalan darah akibat estrogen oral, atau iritasi lambung pada obat-obat antiinflamasi non steroid dan aspirin/asetosal(Lucida, 2008).
Banyak sediaan –utamanya pada kosmetik dan sediaan dermatologi— yang ditujukan untuk  pemakaian melalui kulit karena berbagai alasan. Sediaan tersebut misalnya lotio, salep, kirim, suspense, emulsi, dan lain-lain. Meskipun pada umumnya dimaksudkan untuk pengobatan penyakit kulit dan kalaupun ditujukan agar obat menembus permukaan kulit dihindari permeasi kie sirkulasisistemik tentu ada beberapa pengecualian, akan tetapi jika obat telah berhasil menembus epidermis, akan tetap ada kemungkinan obat tersebut menembus sirkulasi sistemik. Adanya obat yang sampai ke sirkulasi sistemik dapat dibuktikan dengan pemeriksaan kadar obat dalam darah atau dalam urin. Tetapi untungnya, biasanya kadar obat yang “tidak sengaja” menembus sirkulasi sistemik berjumlah kecil sehingga efeknya tidak dirasakan oleh pasien(Anonim, 2010).
Proses masuknya suatu zat dari luar kulit melintasi lapisan – lapisan kulit menuju posisi di bawah kulit hingga menembus pembuluh darah disebut absorbsi perkutan. Absorbsi transdermal terjadi melalui proses difusi yang lambat yang ditentukan oleh gradient konsentrasi obat darikonsentrasi tinggi (pada sediaan yang diaplikasikan) menuju konsntrasi rendah di kulit. Obat dapat mempenetrasi kulit utuh melalui dinding folikel rambut, kelenjar minyak, atau kelenjar lemak. Dapat pula melalui celah antar sel dari epidermis dan inilah cara yang paling dominan untuk penetrasi obat melalui kulit dibandingkan penetrasi melalui folikel rambut, kelenjar minyak, maupun kelenjar lemak. Hal ini terkait perbandingan luas permukaan diantara keempatnya.Sebenarnya, kulit yang rusak pun (robek, iritasi, pecah –pecah, dll) dapat terpenetrasi oleh obat. Bahkan penetrasinya lebih banyak dari pada kulit normal. Hal ini karena kulit rusak telah kehilangan sebagian lapisan pelindungnya. Meski demikian, penetrasi melalui kulit yang rusak tidak dianjurkan karena absorbs obat menjadi sulit untuk diprediksi(Anonim, 2010).
Senyawa peningkat penetrasi (penetration enhancers) lazim digunakan di dalam sediaan transdermal dengan tujuan mempermudah transfer obat melewati kulit. Rute pemberian obat secara transdermal merupakan suatu alternatif untuk menghindari variabilitas ketersediaan hayati obat pada penggunaan per oral, menghindari kontak langsung obat dengan mukosa lambung sehingga mengurangi efek samping obat tertentu, juga untuk memperoleh konsentrasi obat terlokalisir pada tempat kerjanya. Namun, kulit merupakan suatu ’barrier’ alami dengan lapisan terluar (stratum corneum) tersusun atas  jalinan kompak ’crystalline lipid lamellae’ sehingga bersifat impermeable terhadap sebagian besar senyawa obat(Lucida, 2008).

  1. Sejarah Perkembangan Transdermal
Ada berbagai jenis patch transdermal yang selanjutnya dimodifikasi untuk meningkatkan potensi obat pengiriman. Obat Baru Sistem Pengiriman Transdermal (TDDS) Teknologi sekarang telah dikembangkan yang dianggap
membantu dalam tingkat terkendali pengiriman obat yang sulit untuk mengelola. Ini artikel yang menekankan sebagian besar teknologi yang terlibat dalam permeasi lebih baik melalui kulit ke dalam Sistem Pengiriman Obat yang efektif(Bharadwaj, 2011).
Baru-baru ini TDDS telah menjadi salah satu yang paling topik untuk penelitian yang inovatif untuk administrasi dari mereka obat yang mencoba untuk penggunaan dengan rute transdermal. Perangkat transdermal pertama (patch) telah disetujui oleh DA pada tahun 1981. Lebih dari 30 produk yang dapat digunakan transdermal telah disetujui untuk dijual di Amerika Serikat, dan lebih dari 10 API telah diambil untuk persetujuan untuk penggunaan global. Untuk TDDS efektif, obat harus mampu menembus membran kulit sehingga obat yang dengan mudah dapat mencapai ke situs target. Transdermal Sistem Pengiriman mencakup semua calon obat topikal yang terkelola, dimaksudkan untuk memfasilitasi penyerapan obat ke dalam sirkulasi sistemik. Dikendalikan dan terus menerus pemberian obat melalui kulit ke sirkulasi darah dapat dicapai oleh sistem ini. Berbagai kombinasi telah mengembangkan untuk mengontrol pelepasan obat yang memiliki properties.can melepaskan yang berbeda diamati dalam perumusan povidone (PVT): Etil selulosa (EC) bentuk yang berkelanjutan tingkat obat dapat dicapai ketika diambil dalam rasio 1:05 sedangkan PVT: Eudragit formulasi kurang efisien selama masa studi pelepasan terkontrol. Transdermal patch sekarang telah menjadi teknologi yang besar untuk mengendalikan obesitas dengan mengurangi berat badan akses. Hal ini dapat dilakukan dengan menerapkan patch penurunan berat badan alami yang mengandung bahan seperti gaurana, yerba mate, piruvat seng, minyak biji rami, lesitin, l-karnitin, dll pada kulit itu adalah untuk mungkin untuk mengurangi lemak tubuh. Karena memiliki keuntungan dari yang non invasif, pengiriman ini harus memenuhi beberapa parameter seperti potensi tinggi, permeabilitas yang lebih baik melalui kulit dan iritasi non untuk lebih baikkepatuhan. Pada saat ini, beberapa kemajuan telah dibuat untuk perbaikan dalam teknologi untuk mengontrol tingkat obat selama pengiriman, dan / atau menargetkan pengirimanobat untuk jaringan. TDDS memiliki atribut yang sangat signifikan dan meningkatkan utilitas seperti:
  • Target pengiriman obat ke jaringan tubuh.
  • Tinggi keamanan dan efektivitas.
  • Mengurangi frekuensi dosis dan dosis obat yang dibutuhkan.
  • Pengurangan tingkat beracun obat.
  • Kurang sensasi nyeri dalam administrasi calon obat.
  • kepatuhan pasien yang lebih baik(Bharadwaj, 2011).
TDDS dikembangkan dengan tujuan pengobatan sistemik melalui kontak pada permukaan kulit. Contoh pengembangannya adalah Scopolamine-releasing ’Transdermal Drug Delivery System’ yang digunakan untuk perawatan profilaksis atau motion-induced nausea, kemudian diikuti dengan pemasaran Nitroglyserin-releasing ’Transdermal Drug Delivery System’ yang sukses dan Isosorbide Dinitrate-releasing ’Transdermal Drug Delivery System’ untuk perawatan angina pectoris, Clonidine-releasing ’Transdermal Drug Delivery System’ (Catapres®) untuk terapi hipertensi, Estradiol-releasing ’Transdermal Drug Delivery System’ (Estraderm®) untuk perawatan sindrom postmenopause, serta Fentanyl-releasing ’Transdermal Drug Delivery System’ (Duragesic®) untuk perawatan analgesik pada penderita kanker(Patel, 2011)
2. Faktor yang mempengaruhi         :
ü Kondisi Kulit
ü Umur
ü Iritasi Kulit(anonoim, 2010).
3. Keuntungan dan Kerugian sediaan transdermal
Keuntungan obat Transdermal :
- Meningkatkan kemudahan dan kenyamanan pemakaian obat
- Pelepasan obat dapat mudah dan diakhiri dengan cara melepaskan patch
- Mencegah metabolisme presistemik dihati dan saluran cerna
- Mengurangi variabilitas antar pasien
- Pengurangan fluktuasi kadar plasma obat
- Pemanfaatan calon obat dengan indeks terapeutik pendek setengah-hidup dan rendah
-  Kadar obat dapat dikontrol pada sirkulasi sistemik untuk obat yang kerjanya diperanjang
-  Untuk kerja obat yang diperpanjang dapat mengurangi frekuensi pemberian obat
- Mengurangi tingkat konsentrasi plasma obat, dengan efek samping yang menurun.
- Dosis yang dibutuhkan jauh lebih kecil dibanding dosis oral, karena obat diharapkan langsung masuk ke sasaran, sehingga tingkat toksisitasnya pun lebih rendah dibanding oral. Misalnya, pada Carbamazepin (antikonvulsan / antikejang, umum digunakan untuk penderita epilepsi) dosis transdermal 4 mg mampu memberikan efek setara dengan dosis 1200 mg oral(Patel, 2011).
Kerugian obat transdermal      :
- Terbatas untuk obat-obat oten lebih kecil atau sama dengan 10mg
- Mempunyai kelarutan yang baik dalam air dan minyak
- Kadang- kadang mengiritasi kulit(Patel, 2011).
4. Jalur Permeasi Transdermal
Permeasi dapat terjadi dengan difusi melalui      :
- Transdermal permeasi, melalui stratum korneum.
- Interselular permeasi, melalui stratum korneum.
- Transappendaged permeasi, melalui folikel rambut,kelenjarsebaseadankeringat(Bharadwaj, 2011).
5. Klasifikasi Berdasarkan Teknis Kecanggihan TDDS
  • a) Tingkat pra-diprogram sistem pengiriman obat
Ini melibatkan desain sistem yang memberikan obat-obatan dengan mengendalikan difusi molekuler dari molekul obat melintasi penghalang kulit dalam atau di sekitar sistem pengiriman. Polimer membran permeasi dikendalikan sistem pengiriman obat. Ini melibatkan sistem di mana obat ini tertutup dalam reservoir obat. Hal ini tercakup oleh membran semipermeabel dari polimer yang mengatur pelepasan dan memiliki permeabilitas tertentu.Ada beberapa potensi pengembangan dengan proses permeasi membran permeasi membran sebagai mikroporous dikendalikan pengiriman perangkat pencernaan, resistensi cairan lambung usus ditargetkan rilis perangkat dikendalikan pencernaan dan gel difusi dikendalikan sistem pengiriman obat(Bharadwaj, 2011).
b)   Aktivasi sistem pengiriman obat dimodulasi
Jenis sistem pengiriman dapat dicapai oleh :
  1. Fisik
  • Tekanan osmotik diaktifkan sistem pengiriman obat.
    • tekanan hidrodinamik obat dikendalikan sistem pengiriman.
    • Tekanan uap diaktifkan sistem pengiriman obat.
    • Mekanis diaktifkan sistem pengiriman obat.
    • magnetis diaktifkan sistem pengiriman obat.
    • elektrik diaktifkan sistem pengiriman obat.
    • USG diaktifkan sistem pengiriman obat.
    • Hidrasi diaktifkan sistem pengiriman obat.
  1. Kimia
  • pH diaktifkan sistem pengiriman obat
  • Ion diaktifkan sistem pengiriman obat
  • Hidrolisis sistem pengiriman obat diaktifkan
  1. Biokimia
Enzim diaktifkan sistem pengiriman obat(Bharadwaj, 2011).
c)    Umpan balik pengiriman obat diatur system
Pelepasan molekul obat dari sistem transdermal difasilitasi oleh agen yang memicu pelepasan obat, seperti biokimia dalam tubuh dan juga diatur oleh konsentrasi melalui beberapa mekanisme umpan balik(Bharadwaj, 2011).
d)   Carrier berbasis sistem pengiriman obat
Hal ini melibatkan sistem vesikuler seperti hidrogel, liposom, niosomes, nanocapsules, nanopartikel, polimer kompleks, mikrosfer, nanoerythrosomes, transferosomes, dendrimers, aquasomes, dan lain-lain(Bharadwaj, 2011).
KESIMPULAN
  1. Transdermal adalah  bentuk sediaan yang digunakan pada permukaan kulit.
  2. Bentuk sediaan transdermal adalah krim, gel, patch (koyo).
  3. Perkembangan transdermal, contohnya adalah Scopolamine-releasing, Nitroglyserin-releasing, Isosorbide Dinitrate-releasing, Clonidine-releasing, Estradiol-releasing, serta Fentanyl-releasing.
  4. Faktor yang mempengaruhi penggunaan transdermal adalah kondisi kulit, umur, dan iritasi kulit.




DAFTAR PUSTAKA
Anonim, 2011, FDA Menyetujui Obat(online), http://id.hicow.com/food-and-drug-administration/obat/disetujui-obat-1514738.html, diakses tanggal 22 Desember 2011.
Anonim, 2010, Sediaan Transdermal (online), http://www.scribd.com/doc/75456370/sediaan-transdermal, diakses tanggal 22 Desember 2011.
Bharadwaj, Snigdha., dkk, 2011, Recent Advancement In Transdermal Drug Delivery System(online), http://ijbtr.com/journal/June_2011_Volume-1_Issue-1-articleNo-6.pdf, diakses tanggal 22 Desember 2011.
Lucida, Henny., dkk, 2008,UjiDaya Peningkat Penetrasi Virgin Coconut Oil (VCO) Dalam Basis Krim(online),http://digilib.unsri.ac.id/download/Publikasi%20Sukma090814.pdf, diakses tanggal 22 Desember 2011.
Patel, Divyesh,.dkk, 2011, Transdermal Drug Delivery System : Review(online), http://ijppronline.com/journal/february-2011-vol-1-issue-1/paper-10.pdf, diakses tanggal 22 Desember 2011.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Dhimaz setiawan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger