Home » » Transdermal Drugs Delivery Systems

Transdermal Drugs Delivery Systems

Written By Unknown on Kamis, 14 Juni 2012 | 08.18


Transdermal Drugs Delivery Systems

tddsApakah ada yang tahu apa itu TDDS?  ini adalah teknoogi kefarmasian yang terkini. Transdermal Drugs Delivery system merupakan teknoogi lebih tinggi untuk menghantarkan obat sampai ketujuannya.
Dulu kita hanya tahu kalo sakit dikasih obat obat dalam bentuk sediaan tablet, kapasul, sirup, suntik (injection), bucal (bukan dimasukkan lewat dubur tapi peroral), pake krim, atau gel.
Dengan teknologi baru ni, obat dapat langsung dihantarkan sampai tujuannya dan tidak perlu melewati proses berliku-liku seperti jalur utama proses pencernaan. *makanya disebut kaya delivery order hehehe*. selain itu utnuk menimimalisasi farmakokinetik dan yang paling menyenangkan adalah pasien tidak perlu menelan obat, cukup ditempelkan dipermukaan kulit dan tidak harus minum obat berkali-kali setiap hari karena obat akan dilepas pelan-pelan.
Berhubung teknologi baru ini cukup mahal, tidak semua obat bisa dibuat dalam bentuk transdermal drugs  delivery system ini. Umumnya obat ini secara komersil baru digunakan untuk:
1. cessation of tobacco smoking. Digunakan paling banyak untuk para perokok yang ingin menghilangkan kebisaan merokoknya.
2. Woman’s health. Bagi para ibu yang ingin menunda kehamilannya dengan diberi patch yang cukup ditempel yang berisi hormon kontrasepsi.
3. Pain management. Jika pasien menderita sakit tak tertahankan dapat dipergunakan Lidocaine patch, yang bergunal sebagai anestetik, atau yang lebih kuat lagi dengan fentanyl (opioid analgesic).
4. Obat Jantung/ Cardiovascular disease terutama untuk angina, dapat digunakan Nitroglycerin patches.
Bagaimana? menarik bukan….
*Wahai para perokok sudah tahukan ada jalan keluar bagi kecanduan nikotin-mu hehehe*
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Dhimaz setiawan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger