Home » » Hipnotik dan Sedatif

Hipnotik dan Sedatif

Written By Unknown on Selasa, 18 September 2012 | 05.14


Hipnotik dan Sedatif

Salah satu jenis obat pendepresi ( menghambat ataumenekan SSP ).adalah Hipnotik dan Sedatif. Sesuaidengan namanya, obat obatan ini memberikan efek antaralain mulai dari yang ringan(tenang atau kantuk, menidurkan).Efek semacam ini tidak hanyadihasilkan oleh golonganobat sedatifkarena ada beberapa golongan obat lain (obatyang sifat utamanya tidak menekan SSP ) yang dapatmemberikan efek sedasi.

Sedangkangolongan obat Hipnotika berfungsi untuk menimbulkan rasa kantuk ( drowsiness ),mempercepat tidursekaligus dapat mempertahankan kualitas tidur tersebut.Obat Hipnotika ( biasa disebut dengan obat tidur), hanyaakan memberikan aktifitas - sisa.

Pada dosis yang besar efek dapat berupa hilangnyakesadaran, keadaan anastesi, koma hingga kematian.



A. TIDUR

Salah satu usaha untuk menghindarai pengaruhburuk yang akan didapat oleh tubuh adalahdengan cara istirahat ( tidur ). Bila ditinjau lebih jauh, tidur yang baik ( cukup dalam dan lama )
mutlak bermanfaat untuk regenerasi sel–sel tubuh dan memungkinkan individu melaksanakantugasnya dengan baik setelahnya.

aktifitas fisiologis yang dialami ogan pada saat
tidur diantaranya adalah aktifitas saraf
Parasimpatis meningkat.
Ada 2 Stadia yang terdapat dalam siklus tiduryakni ; Tidur  – non – REM ( Slow Wave Sleep / SWS ) 
          a) Non –REM dicikan dengan denyut jantung, tekanandarah dan pernafasan yang diatur , serta relaksasi otottanpa gerakan otot muka atau mata. SWS dapatberlangsung dalam waktu lebih kurang satu jam.

          b) Sedangkan REM bercirikan dengan gerakan matayang cepat ke satu arah. Jantung, tekanan darah, danpernafasan turun naik, aliran darah ke otakbertambah dan otot otot sangat rilaks. Siklus pertamadan kedua REM berlangsung selama 5 15 menit yangditandai dengan banyaknya impian ( disebut tidur-mimpi ).



B. INSOMIA

Insomnia atau sukar tidur disebabkan oleh banyakgangguan fisik seperti ; batuk, rasa nyeri, migrain, restlesslegs, atau sesak nafas ( asma, bronchitis ). Berdasarkanwaktu berlangsungnya, Insomnia diklasifikasikan ke dalam3 jenis diantaranya adalah sebagai berikut :
a) Insomnia Awal ( kesulitan masuk tidur ). Hal inidisebabkan oleh adanya factorfactor kejiwaanseperti emosi, kecemasan, ketegangan, dan depresi.

b) Insomnia Menengah ( terjaga di tengah malam ). Biasa timbul pada peristiwa -peristiwa medis sepertipenghentian pernafasan sementara selama tidur (sleepapnoe ) dan gangguan prostat.

c) Insomnia Terlambat ( Late Insomnia ).Terjadi di waktusubuh yang disebabkan oleh keadaan depresi danmalnutrisi ( anoreksia nervosa ). Fisiologi Tidur dan Insomnia.


Contoh contoh obat Hipnotik dan Sedatif

a.Barbiturat 

Golongan obat ini telah lama digunakan sebagai hipnotikdan sedatif. Akan tetapi karena kerjanya yang tidakspesifik, maka saat ini penggunaannya dikurangi.
Golongan obat ini juga memiliki beberapa efekdiantaranya, Hangover/ after effect yakni gejala residudepresi SSP setelah efek hipnotik berakhir. Hal itu berupagejala vertigo, mual, muntah, atau diare.
Bila diberikan dalam keadaan nyeri, Barbiturat lebihmemberikan efek gelisah, eksitasi dan delirium. Bahkanpenggunaan obat ini juga akan menyebabkan hipersensitifseperti asma, urtikaria, edema.
Penggunaan golongan obat Barbiturat ini harus dibatasipenggunaannya yakni dengan hanya untuk jangka waktupendek (2 minggu atau kurang).


 b.Benzodiazepin 

Benzodiazepin efektif pemakaiannya dalam gangguantidur selama beberapa minggu lebih lama dari padahipnotik dan sedatif lainnya, tetapi obat-obatan ini tidakboleh dipakai lebih lama dari 3-5 minggu sebagaihipnotik.
Penggunaan yang lama dapat menimbulkanketergantungan fisik maupun psikis, namun jauh lebihringan daripada obat tidur lainnya. Karena sifatnya ini,benzodiazepin dianggap sebagai obat tidur pilihanpertama.
Contoh obat jenis ini adalah Alprazolam,Klordiazepoksid, Klonazepam, Klorazepat, Diazepam,temazepam, nitrazepam, flunitrazepam, trizolam.


Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Dhimaz setiawan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger