Home » » mikroorganisme

mikroorganisme

Written By Unknown on Senin, 03 Desember 2012 | 05.29

Mikrobiologi adalah ilmu yang mempelajari mikroorgamisme ( makhluk hidup yg sangat kecil ). Yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang.
Klasifikasi mikroorganisme:
• Bacteria
• Fungi (jamur)
• Virus
• Protozoa
• Alga

Bakteri, dari kata Latin bacterium (jamak, bacteria), adalah kelompok besar prokariota, selain Archaea, yang berukuran sangat kecil serta memiliki peran besar dalam kehidupan di bumi. Mereka sangatlah kecil (mikroskopik) dan kebanyakan uniselular (bersel tunggal), dengan struktur sel yang relatif sederhana: tanpa nukleus/inti sel, kerangka sel, dan organel-organel lain seperti mitokondria dan kloroplas.
contoh bakteri



Virus (bahasa latin) artinya racun. Hampir semua virus dapat menyebabkan penyakit pada organisme lain. Saat ini virus adalah makhluk paling kecil. Virus hanya dapat dilihat dengan mikroskop elektron dan lolos dari saringan filter.





Protista merupakan organisme eukariotik uniseluler yang hidup soliter atau berkoloni. Protista dikelompokkan atas:

1. Protista mirip hewan (protozoa)

2. Protista mirip tumbuhan (alga)

3. Protista mirip jamur (jamur lendir/slame mold).











Alga (jamak Algae) adalah sekelompok organisme autotrof yang tidak memiliki organ dengan perbedaan fungsi yang nyata. Alga bahkan dapat dianggap tidak memiliki "organ" seperti yang dimiliki tumbuhan (akar, batang, daun, dan sebagainya). Karena itu, alga pernah digolongkan pula sebagai tumbuhan bertalus.

Istilah ganggang pernah dipakai bagi alga, namun sekarang tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan kekacauan arti dengan sejumlah tumbuhan yang hidup di air lainnya, seperti Hydrilla.










contoh-contoh jamur


Share this article :

3 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Dhimaz setiawan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger