Home » » TUGAZ KIMIA AKFAR JAMBI "bromometri dan bromatometri"

TUGAZ KIMIA AKFAR JAMBI "bromometri dan bromatometri"

Written By Unknown on Senin, 21 Mei 2012 | 06.49


           Bromometri merupakan penentuan kadar senyawa berdasarkanreaksi reduksi-oksidasi dimana proses titrasi (reaksi antara reduktor dan bromine berjalan lambat) sehingga dilakukan titrasi secara tidak langsung dengan menambahkan bromine berlebih. Sedangkan bromatometri dilakukan dengan titrasi secara langsung karena proses titrasi berjalan cepat. (1)


            Bromatometri merupakan salah satu metode oksidimetri dengandasar reaksi oksidasi dari ion bromat ( BrO3 ).

BrO3 + 6 H + 6 e             ---->              Br + 3 H2O

           
Dari persamaan reaksi ini ternyata bahwa satu gram ekuivalen samasengan 1/6 gram molekul. Disini dibutuhkan lingkungan asam karenakepekatan ion H+
berpengharuh terhadap perubahan ion bromat menjadi ion bromida.(1)
           
Oksidasi potensiometri yang relatif tinggi dari sistem menunjukkan bahwa kalium bromat adalah oksidator yang kuat. Hanya saja kecepatanreaksinya tidak cukup tinggi. Untuk menaikkan kecepatan ini titrasi dilakukan dalam keadaan panas dan dalam lingkungan asam kuat.(2)
           
Seperti yang terlihat dari reaksi di atas, ion bromat direduksi menjadi ion bromide selama titrasi. Adanya sedikit kelebihan kalium bromat dalam larutan akan menyebabkan ion bromide bereaksi dengan ion bromat.


BrO3 + 6 H + 5 Br               ---->               3Br2 + 3 H2O

Bromine yang dilepaskan akan merubah larutan menjadi warna kuningpucat. Warna ini sangat lemah sehingga tidak mudah untuk menetapkan titik akhir. Bromine yang dilepaskan tidak stabil karena mempunyai tekanan uap yang tinggi dan mudah menguap. Karena itu penetapan harus dilakukan pada suhu serendah mungkin, serta labu yang dipakai harus ditutup. (2)

Jika reaksi antara senyawa reduktor dan bromine dalam lingkungan asam berjalam cepat, maka titrasi dapat dijalankan langsung, dimana titik akhir titrasi ditunjukkan denghan munculnya warna bromine dalam larutan.Tetapi jika reaksi antara bromine dan zat yang akan ditetapkan berjalan lambat, maka dilakukan titrasi secara tidak langsung, yaitu dengan menambahkan bromine yang berlebih dan bromine yang berlebih ini ditetapkan secara iodometri dengan dititrasi dengan natrium tiosulfat baku.(3)

Dengan terbentunya brom, titik akhir titrasi dapat ditentukandengan terjadinya warna kuning dari brom, akan tetapi supaya warna inimenjadi jelas maka perlu ditambah indicator seperti jingga metal, merahfiuchsin, dan lain-lain.(2)

Titrasi bromometri dan bromatometri adalah salah satu metodetitrasi yang didasarkan pada reaksi oksidasi reduksi. Metode ini lebih banyak digunakan dalam analisa jika dibandingkan dengan metode lain.Alasan dipilihnya metode ini karena perbandingan stoikometri yangsederhana pelaksanannya praktis dan tidak banyak masalah dan mudah.Bromatometri merupakan salah satu metode oksidimetri dengandasar reaksi oksidasi dari ion Bromat (BrO3).
 Metode Titrasi langsung dantidak langsung dalam bromometri dan bromatometri terutama digunakanuntuk menetapkan senyawa organic aromatis seperti misalnya, fenol-fenol, asam salisilat, resorsinol, perakklorfenol, dan sebagainya denganmembentuk tribrom sustitusi.Metode ini jjuga digunakan untuk senyawa arsen, dan stibiumdalam bentuk trivalen walaupun bercampur dengan stanium valensiempat.Dalam bidang farmasi metode penetapan kadar dengan titrasibromometri-bromatometri sangat penting karena senyawa-senyawa obatatau sediaan farmasi lain khususnya yang mengandung senyawa organikaromatis perlu diketahui kadarnya agar dapat diperoleh mutu dan kualitasdari sediaan farmasi tersebut.

Share this article :

14 komentar:

  1. dapat referensi tentang materi ini dari buku apa ya?

    BalasHapus
  2. jadi sampel yang digunakan pada titrasi bromometri itu apa saja?(secara spesifik), dan apakah sampel yang digunakan pada titrasi bromometri dan bromatometri itu sama? . terima kasih.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Dhimaz setiawan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger